Fungsi Gelatin Halal dan Cara Mengolahnya


Sekilas makanan ini mirip dengan agar-agar, namun sebenarnya ini berbeda.Produk ini merupakan olahan dari gelatin halal  yang biasa disebut jelly.

Kata gelatin, diambil dari bahasa latin "gelare" yang berarti membeku. Gelatin dibuat dari tulang dan kulit hewan yang direbus supaya mendapatkan bentuk yang padat dan kenyal. Sekarang gelatin halal telah dijual dalam bentuk bubuk seperti agar-agar. Gelatin halal juga tidak memiliki warna,rasa dan bau. Gelatin mempunyai banyak fungsi

Salah satu Fungsi Gelatin Halal yaitu untuk membuat tekstur puding lebih kenyal ketimbang agar-agar. Selain itu, gelatin  halal juga berfungsi sebagai campuran untuk ice cream, cheese cake, dll. Dikarenakan sifatnya yang bisa jadi pengental dan pengikat.

Gelatin Halal juga bisa digunakan pada jus buah yang rasanya asam seperti jeruk, namun jus buah harus dipanaskan terlebih dahulu selama 2-3 menit, untuk mematikan enzim yang akan menghalangin proses pengentalan. Puding dengan campuran gelatin tidak akan berair, namun tetap harus disimpan dalam lemari pendingin agar tidak terlalu lembek.

Cara Mengolah Gelatin Halal 

cara mengolah gelatin yaitu denga cara melarutkan gelatin dengan air terlebih dahulu sebelum diolah. Taruh 1 bungkus gelatin halal (10g) ke dalam wadah, lalu tambahkan 100ml air dan aduk supaya tidak menggumpal.
Tambahkan 300ml air panas (jangan mendidih) atau tambahkan jus buah, aduk hingga merata. Campuran ini tidak perlu didihkan.
Taruh dalam lemari pendingin hingga akan disajikan


Tips Membuat Gelatin Halal  Yang Cantik :

  • Tambahkan 30% gelatin halal lebih banyak dari takaran resep, agar gelatin halal lebih kokoh. Dan jangan menggunakan cetakan yang tinggi atau rumit, karena bisa membuat gelatin halal hancur.
  • Untuk mencopot gelatin halal dari cetakan dilakukan dengan mencelupkan cetakan gelatin halal kedalam air panas (cukup 5 detik). Setelah itu tutup bagian atas dengan piring saji, balikkan, dan berikan sedikit ketukan agar gelatin dapat copot, setelah itu angkat cetakan.


Belum ada Komentar untuk "Fungsi Gelatin Halal dan Cara Mengolahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel