Fungsi Gelatin Halal Serta Kimiawi Gelatin



Gelatin merupakan protein alami yang tidak diciptakan melalui modifikasi kimia, tidak diproduksi dari hasil modifikasi genetika. Protein gelatin sangat unik dan juga jernih, gelatin merupakan penyedia asam amino penting. Jika dalam bentuk padat dan kering, gelatin berwarna kuning madu dan juga sangat rapuh. Gelatin yang biasa dipasarkan adalah gelatin bubuk seperti gula atau gelatin lembaran.




Gelatin merupakan satu-satunya protein alami yang banyak digunakan untuk diperdagangkan. Gelatin dapat dimanfaatkan karena sifatnya yang bisa meleh pada suhu tubuh. Gelatin biasa digunakan untuk produksi pangan atau non pangan. Sejauh ini belum ada yang bisa menjadi alternatif gelatin untuk memuaskan konsumen.
Salah satu sifat gelatin adalah mudah larut dalam air, terutama air hangat. Gelatin juga dapat larut dalam gliserol, sorbitol, dan juga propilene glikol. Gelatin juga bisa digunakan sebagai perekat, dahulu gelatin digunakan sebagai lem pada industri farmasi dan confectionary sebagai tablet.

Sifat gelatin yang paling penting adalah kemampuan gelnya. Kemampuan gel adalah kemampuan untuk menyerap air, dimana biasanya dimanfaatkan untuk membuat gel dan tekstur kenyal pada permen jelly.



Aplikasi Gelatin
Gelatin sangat beragam pemanfaatannya, dikarenakan oleh sifatnya yang telah disebutkan diatas, gelatin juga bisa digunakan sebagai penambah gizi dan pengawet. Berikut beberapa fungsi  gelatin halal :
a.    Produk pangan. Sebagai zat pengental, secara umum elastizer, penstabil,  menghindari sineresis, pengikat air, memperbaiki konsistensi, pelapis tipis, pemerkaya gizi, pengawet.
b.    Daging olahan. Untuk meningkatkan daya ikat air, konsistensi, tekstur dan stabilitas produk seperti pada sosis, kornet, daging ham, dll.
c.    Susu olahan. Untuk memperbaiki tekstur, menjaga konsistensi, stabilitas produk dan menghindari sineresis pada ice cream, susu asam, keju.
d.    Bakery. Untuk mempertahankan kelembaban produk dan juga tekstur, sebagai perekat dan bahan pengisi.
e.    Minuman. Sebagai penjernih sari buah, bir dan wine.
f.     Buah-buhan. Sebagai pelapis (melapisi pori-pori buah), untuk menjaga kesegaran dan keawetan buah.
g.    Farmasi. Pembungkus kapsul atau tablet, sebagai mikroenkapsulasi vitamin dan mineral.
h.    Kosmetika. Digunakan untuk menstabilkan emulsi pada produk-produk shampo, penyegar dan pelindung kulit (lotion/ emulsi cream), lipstik, cat kuku, krim pelindung dari sinar matahari, dll.
i.      Kedokteran/ kesehatan. Gelatin sol untuk produk minuman sehat, dan, infus.
j.      Bidang teknis. Gelatin banyak digunakan sebagai campuran untuk korek api, dan juga perekat untuk lapisan kertas..


Belum ada Komentar untuk "Fungsi Gelatin Halal Serta Kimiawi Gelatin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel